10 Rekomendasi wisata di Pematang Siantar

10 Rekomendasi wisata di Pematang Siantar

Kota pematang siantar adalah salah satu kota di provinsi sumatera utara. Letak kota ini sangat strategis karena dilintasi oleh jaln raya lintas sumatera. Kota ini memiliki luas wilayah 79.97 km. kota siantar sangat terkenal dengan oleh-oleh khasnya yakni roti ganda. Kota ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Berikut ini kami telah merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata di pematang siantar. Cekidot !


1. Air terjun katasa

Air Terjun Katasa atau sering disebut juga sebagai Air Terjun Kembar. Terletak di Kecamatan Hatonduan, Apabila dari Pematang Siantar, melewati Tanah Jawa lalu Hatonduhan menuju negeri bayu bagasan lalu memasuki area perkebunan kelapa sawit PTPN. Keunikan dari Air Terjun Katasa adalah, meski disebut air Terjun kembar, namun air terjun ini tidaklah menyatu atau saling bersentuhan. Pemandangan yang indah ditambah pasir putih yang ada disekitar jatuhnya Air Terjunnya, Sehingga menambah kesan dan pesona untuk berfoto ria bersama.

Diatas Air Terjun Katasa terdapat sebuah Jembatan atau bisa disebut Titi untuk penyebarangan warga kedesa sekitar, Titi tersebut merupakan Titi Hasil peninggalan Zaman Penjajahan Jepang pada masa lampau. Titi ini memiliki lebar kurang lebih 1 Meter tanpa adanya tiang kiri kanan. tapi walaupun begitu warga yang tinggal disekitar tidaklah takut dan tidak merasa ngeri karena sudah terbiasa, padahal Jika tidak hati-hati maka akan berbahaya sebab ada jurang yang menuju Air Terjun Katasan ini.

2. Kebun teh sidamanik

Terdapat 3 perkebunan teh di kawasan sidamanik ini yaitu Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong, dan Kebun Teh Sidamanik. Dahulu ketiga kebun tersebut termasuk dalam kecamatan Sidamanik. Tapi sekarang secara administratif telah dimekarkan menjadi 2 kecamatan, yakni kecamatan Sidamanik dan Kecamatan Pematang Sidamanik. Secara administratif daerah Sidamanik masuk dalam wilayah Kabupaten Simalungun.

Kebun Teh secara resmi dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero). Perkebunan ini memilki luas 8.373 hektar dan merupakan kebun teh jenis hitam terbesar kedua setelah Jawa Barat.

3. Patung raksasa dewi kwan in

Patung ini berlokasi di Pusat Kota Pematang Siantar, tepatnya di Vihara Avalokitesvara. Vihara ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata Religi karena memang Vihara ini tempat beribadahnya Umat Tionghoa. Patung ini memiliki tinggi 22,8 meter yang di claim merupakan patung tertinggi se-Asia Tenggara. Patung ini dibuat dan diimpor langsung dari China. Patung Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu granit. proses pengerjaannya pun memakan waktu sekitar 3 tahun dan menghabiskan dana yang mencapai sembilan milyar. Karena kemegahannya yang luar biasa, patung ini mendapatkan penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

4. Pemandian alam simatahunting

Pemandian Alam Simatahuting, ialah sebuah kolam dimana sumber airnya berasal dari mata air alami yang begitu jernih dan dingin. Sudah lama dengar tentang tempat ini. Jika kalian pernah ke Pemandian Bah Damanik, maka tidak sulit untuk mencari tahu keberadaan Simatahuting ini, karena letaknya tepat bersebelahan dengan pemandian Bah Damanik. Air yang begitu jernih, membuat kita betah berlama-lama berendam di kolam. Lokasinya nyaman dengan pemandangan persawahan, tempat ini juga telah ditata rapi oleh pengelola dengan menyediakan pondok-pondok teduh, toilet, mushola serta tempat berjualan makanan dan minuman.

5. Taman hewan pematang siantar

Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau sebelumnya dikenal juga sebagai Kebun Binatang Siantar adalah kebun binatang yang terletak di kota Pematangsiantar. Kota Siantar sendiri merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Kebun Binatang Siantar (Siantar Zoo) resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 kemudian terjadi pengembangan dan pemugaran serta diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 13 November 2007. Siantar Zoo memiliki luas areal sekitar 4,5 ha

Leave a Reply